user-photo
Voice Of Borneo

Merah Jingga, Menikmati Senja dengan Lagu yang Jujur

Spread the love

Voice Of Borneo – Untuk penikmat senja di Pontianak, nama duo Merah Jingga pasti tidak asing.  Bergenre eksperimental folk yang digawangi Sanusi (vokal dan gitar) dan Ardi (gitar, harmonika) ini lumayan akrab di telinga orang-orang yang menyukai senja dan puisi.

Duo yang terbentuk pada Juli 2016 ini tampil khas dengan sentuhan harmonika dalam musiknya. Lirik-lirik yang dibuat juga cukup manis. Beberapa kali tampil, Merah Jingga menggandeng sang perempuan puisi, Shella Rimang untuk membawakan penggalan puisi karyanya.

Saat ditemui di acara Voice of Borneo, vokalisnya, Sanusi banyak berbagi kisah tentang perjalanan Merah Jingga.

Merah Jingga dulunya sebuah band dengan lima personil. Mereka sangat menyukai musik hingga terbentuk ide untuk membentuk sebuah band agar dapat mengikuti sebuah festival musik di Kota Pontianak.  Ketika berlima mereka berencana membawa Merah Jingga ke ranah etnik folk, namun seiring waktu satu per satu mengundurkan diri hingga sisa berdua.

Keluarnya personil yang lain membuat Merah Jingga sempat vakum, perlu beberapa saat untuk berbenah. Sampai akhirnya Merah Jingga memutukan untuk kembali meramaikan skena musik Pontianak. Mereka tampil fresh dengan lirik-lirik yang baru, lagu yang dibuat berlima bersama personil yang lain saat masih lengkap pun tidak dibawakan lagi.

Sanusi menuturkan tahun 2017 Merah Jingga merilis lagu berjudul Long Way. Sebuah lagu tentang seorang teman yang berkhianat. Lagu ini mendapat apresiasi baik  terutama oleh Pecandu Senja, nama yang diberikan pada penikmat karya Merah Jingga. Saat ini Merah Jingga sedang mengumpulkan materi untuk membuat karya baru.

Sanusi juga mengungkapkan alasan memilih nama Merah Jingga. Nama ini dipilih karena merah jingga merupakan warna senja, suasana sore yang tenang, warna di mana sore akan beranjak menuju malam. Ini seakan menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki Merah Jingga terletak pada lagu-lagu melankolis khas senja.

Bicara tentang harapan untuk skena musik Kalbar, dia menyampaikan agar musisi-musisi Kalbar tetap konsisten berkarya, berani menyuarakan apa yang ada di hati, berkarya bukan untuk dipuja tapi untuk jujur dengan isi hati dan keadaan di sekitar.

Aktivitas bermusik Merah Jingga bisa dilihat di Instagram @merahjinggaoficial dan lagunya bisa didengarkan di  SoundCloud merahjinggaofficial

 


Tinggalkan Balasan