user-photo
Voice Of Borneo

Pustaka Rumah Aloy, Wajah Baru Literasi Kalbar

Spread the love

Voice Of Borneo – Bicara soal literasi di Pontianak, ada beberapa komunitas yang konsen soal itu. Mulai dari membuka lapak baca, meminjamkan buku bahkan kelas menulis sampai berhasil menerbitkan buku.

Hal inilah yang tekuni oleh Pustaka Rumah Aloy. Dibentuk sejak tahun 2015 tetapi baru mulai menjalankan kiprahnya tahun 2016. Pustaka Rumah Aloy dibentuk berangkat dari keresahan anak muda yang sulit menerbitkan naskah mereka, sebab, kala itu di Pontianak sangat sedikit dan harus mengeluarkan dana yang besar pula.

Berdirinya Pusataka Rumah Aloy menjadi wadah segar untuk para penulis di Kalimantan Barat yang ingin menerbitkan karyanya. Dimotori oleh Nawan, Maryadi dan kawan-kawan, akhirnya tujuan mulia tersebut kemudian terwujud. Pustaka Rumah Aloy tidak akan pernah ada tanpa uluran tangan Dedy Ary Aspar, seorang dosen Bahasa Indonesia di Universitas Tanjungpura yang memiliki perhatian lebih untuk perkembangan literasi di Kalbar. Saat ini, Dedy Ary Aspar juga menjabat sebagai direktur di Pustaka Rumah Aloy dan siap menelurkan bibit-bibit baru penulis berkualitas dari bumi Kalimantan ini.

Untuk menemukan bibit baru penulis di Kalbar, Pustaka Rumah Aloy mengadakan beberapa kegiatan, diantara adalah Kelas Menulis “101 Menulis Buku” dan berhasil menerbitkan naskah, baik puisi, cerpen, dan cerita rakyat. Selain itu, ada pula Safari Literasi yang dilaksanakan di sekolah-sekolah. Selain menularkan kebiasaan membaca, Safari Literasi juga membuka kelas menulis dan karya yang jadi dapat diterbitkan.

Selain Safari Literasi, Pustaka Rumah Aloy menyambangi sekolah untuk pelatihan jurnalistik bagi wartawan sekolah. Hasil akhirnya dapat berupa jurnal yang kemudian diterbitkan oleh Pustaka Rumah Aloy. Untuk ke masyarakat umum, Pustaka Rumah Aloy berkiprah dalam pengembangan taman baca masyarakat dan membuat taman baca di daerah pedalaman. Saat ini sudah terbentuk rumah baca yaitu Kampung Dongeng Pakedai, Kubu Raya dan Rumah Baca Pak Saloy di Sambas.

Pustaka Rumah Aloy dibentengi oleh banyak anggota yang terdiri dari sukarelawan di setiap kelas dan juga pengurus tetap. Mereka bersinergi untuk melanjutkan dan mengembangkan program-program yang telah dibuat sehingga apa yang diraih saat ini dapat lebih baik lagi.

Untuk dapat bergabung menjadi bagian dari Pustaka Rumah Aloy sangat mudah, cukup mengikuti kelas menulis yang mereka adakan. Kenal dekat dengan Pustaka Rumah Aloy dapat mengubungi Mariyadi (089646411338) dan Gunawan (089693952417) atau berselancar di Facebook Pustaka Rumah Aloy, Instagram @pustakarumahaloy

 

 


Tinggalkan Balasan