user-photo
Voice Of Borneo

Enggang Media, dari Anak Muda Kalbar untuk Penulis Kalbar

Spread the love

Voice Of Borneo – Membicarakan literasi, tidak lengkap jika tidak melirik penerbit lokal apa saja yang ada di Kalbar. Jika sebelumnya ada komunitas baca tulis, maka kali ini kita berkenalan dengan penerbit Enggang Media, penerbit yang memiliki kaitan erat dengan komunitas Kalbar Membaca.

Enggang Media adalah sebuah penerbitan asal Pontianak yang didirkan oleh pegiat literasi Kalbar Membaca, Varli Pay Sandi pada Februari 2017 lalu. Mulanya penerbitan ini didirikan untuk memudahkan teman-teman komunitas Kalbar Membaca yang juga penulis untuk menerbitkan tulisannya. Namun lambat laun yang menerbitkan tidak hanya teman komunitas, sampai sekarang Enggang Media sudah menerbitkan 42 naskah berbagai genre.

Saat diajak mengobrol, Bang Pay sapaan akrabnya mengungkapkan penerbit Enggang Media berorientasi pada semangat berkarya, yang menjadi tantangan adalah promisu dan pemasaran yang hanya berjalan di daerah Kalbar saja, belum mampu melangkah jauh hingga ke daerah luar. Padahal ada banyak kisah dan gagasan menarik dari Kalbar yang harus diketahui masyarakat luas.

Namun baru-baru ini Enggang Media mendapat kabar baik dari penerbita PATABA, penerbitan milik Soesilo Toer, seorang penulis senior yang juga adik dari penulis kenamaan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer yang menawarkan kerjasama, penawaran ini sedang dipersiapkan.

Berbicara tentang kendala dan kebutuhan penerbitan di Pontianak, Pay mengungkapkan bahwa penerbitan di sini butuh fasilitas dan media satu pintu. Baik dari publikasi, promosi, dan pemasaran. Selain itu butuk komunitas-komunitas yang konsisten bergerak unruk menyebarkan semangat dalam industri ini. Jika hal ini dilakukan secara kolektif maka  informasi yang berisi promosi dan pemasaran akan menjagkau lebih luas.

Dan yang paling penting adalah meningkatkan minat baca serta kegiatan berkelanjutan yang melibatkan industri ini.

Untuk yang ingin mengirimkan naskan bisa melalui surel enggangmedia@gmail.com
atau jika hanya ingin diskusi dan sharing mengenai kepenulisan dan penerbitan bisa menghubungi akun Instagram @enggangmedia.


Tinggalkan Balasan