user-photo
Voice Of Borneo
  • Juni 27, 2018
  • Seni

Sindikat Milenial, Ruang Apresiasi Bagi Pekerja Seni di Pontianak

Spread the love

Voice Of Borneo – Sindikat Milenial adalah sebuah gerakan yang digagas sebagai ruang eksplorsi, kreatif, ekspresi dan belajar bersama bagi teman-teman yang bergerak di industri kreatif Kota Pontianak. Gerakan ini mulai berdiri tahun 2017, diinisasi oleh beberapa pemuda yang aktif di pergerakan tahun 2005-2012.

Satu dari penggagas sindikat milenial, Bara Pratama mengungkapkan jika anggota sindikat milenial datang dari beragam latar belakang, baik komunitas maupun personal. Sindikat Milenial hadir untuk menjadi ruang apresiasi bagi pekerja seni di Pontianak. Mereka kerap mengadakan kegiatan eduktif berupa workshop atau diskusi publik tentang karya para seniman baik itu fotografi, videografi, maupun visual art. Mereka juga sering mengadakan aktivitas kolaborasi seperti mural atau jamming bersama.

Target awal dibuatnya gerakan ini adalah agar sesama pekerja seni bisa saling kenal dan silahturahmi, membangun ikatan sehingga bisa membuat pergerakan bersama. Setelah kedekatan terbentuk maka penanaman paham teoritis bisa dilakukan, Bara menuturkan pemahaman teoritis perlu ditanamkan agar mereka memiliki  arah dan target yang jelas.

Sejauh ini Sindikat Milenial diakuinya banyak membantu mempromosikan karya teman-teman, mereka ingin membantu generasi baru untuk mengenalkan karyanya karena tidak bisa ditampik bibit-bibit muda ini butuh panggung, ruang dan media yang bisa mempromosikan karya mereka. Karena itulah kehadiran Canopy Center dengan Voice of Borneo di tengah-tengah penggiat seni Pontianak dikatakannya sebagai oase. Kegiatan seperti ini dinilainya hal yang dibutuhkan para pekerja seni. Dia menilai Voice of Borneo bisa jadi ruang alternatif yang menunjukkan di Pontianak sudah ada ruang kreatif, jadi daerah lain bisa merespon positif, karya-karya seniman di Pontianak bisa sampai ke daerah yang lebih luas.

Sampai saat ini Sindikat Milenial belum memiliki agenda reguler, kegiatan seperti workshop, pameran galeri, diskusi terbuka dan kegiatan kreatif lainnya diadakan sesuai dengan kebutuhan, sifatnya tentatif.

Bara selaku perwakilan Sindikat Milenial menyampaikan harapannya agar teman-teman selaku penggiat atau aktivis kreatif bisa saling bersinergi, bersama membuat gerakan, karena tidak ada gerakan yang berhasil jika tidak dibangun dalam jumlah besar.

Berbagai aktivitas maupu  up-date tentang Sindikat Milenial bisa dilihat di Instagram @sindikatmilenial


Tinggalkan Balasan