user-photo
Voice Of Borneo

Teater Pitung, Ruang Ekspresi Bagi Penyuka Seni Peran

Spread the love

Voice Of Borneo – Bagi sebagain orang seni peran menjadi media yang tepat untuk mengekspresikan diri, media yang tepat untuk menyampaikan pesan, atau menjadi media untuk menghimpun solidaritas. Ada beragam alasan mengapa orang memilih bermain teater, atau bergabung dalam teater.

“Teater punya peran dan pengaruh untuk menyampaikan berbagai kritik terhadap masalah sosial,” tutur Bayu Tri Wibowo, salah satu anggota Teater Pitung, sebuah sanggar teater milik SMAN 8 Pontianak. Teater ini berdiri sejak tahun 2002 tepatnya pada 21 April dirintis oleh Davi Yunan, meski teater ini untuk pelajar SMAN 8 Pontianak, para alumni SMAN 8 tetap bisa berpartisipasi dalam kegiatan Teater Pitung.

Meski mereka sudah tidak berstatus pelajar di SMAN 8, solidaritas tetap dijaga. Kegiatan mereka adalah memperkenalkan teater di lingkungan sekolah, rutin melakukan latihan dan mengadakan pementasan.

Tiap anggota diberi kesempatan untuk menggarap naskah, Teater Pitung adalah rumah di mana semua orang bisa berproses, masing-masing naskah memiliki jiwanya sendiri, tergantung maksud dan tujuan si pembuat.

Bayu sendiri mengungkapkan alasannya bermain teater adalah karena menemukan kesenangan di sana. Apalagi setelah bertahun-tahun lulus dari bangku sekolah, Teater Pitung menjadi ruang reuni baginya dan teman-temannya. Beragam pesan mereka kemas dalam teater, bagi mereka Teater Pitung adalah rumah di mana imajinasi bertumbuh.

Dia menyampaikan harapannya agar teater di Pontianak semakin berkembang, semakin solid sehingga dapat berproses bersama-sama, di mana saja.


Tinggalkan Balasan